properti

Properti adalah salah satu bentuk dari investasi yang digadang-gadang sangat menguntungkan. Apalagi jika dibandingkan dengan emas, reksadana, deposito, dan sejenisnya. 

Anda yang tertarik dengan investasi ini, harus tahu apa pengertian properti secara umum dan khusus. Termasuk juga seberapa jauh keuntungan yang bisa diperoleh. 

Definisi Properti dan Tujuannya 

pengertian

Topik mengenai properti yang kerap diperbincangkan biasanya adalah soal rumah, sayangnya rumah bukanlah properti. Rumah hanyalah salah satu jenis properti, jadi ada banyak jenis lainnya.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), properti merupakan harta yang bentuknya bisa tanah, bangunan atau sarana prasarana. 

Kepemilikan dari properti adalah hak milik tanah atau bangunan yang tadi dimaksudkan. Jadi bisa diartikan bahwa properti bisa berwujud tanag atau banguanna sampai sebuah saran. 

Apabila Anda memiliki sebuah petak tanah yang kepemilikannya telah sah secara hukum artinya Anda telah mempunyai properti. Pemilik bisa menggunakan dan memanfaatkannya. 

Sesuai dengan kebutuhannya, ada empat macam klasifikasi dari tujuan kepemilikan properti yaitu sebagai berikut:

  • Bertujuan sebagai Tempat Tinggal 

Kebutuhan manusia yang utama adalah papan atau tempat tinggal. Dalam hal ini properti bukan sebagai investasi semata tetapi juga memenuhi kebutuhan hidup. 

Artinya bangunan akan digunakan sebagai hunian baik itu bentuknya adalah villa, perumahan, kos, sampai dengan apartemen. Banyak masyarakat Indonesia yang memiliki rumah dengan tujuan ini lebih dari satu. 

Alasan memiliki hunian lebih dari satu adalah sebagai investasi, mengingat harga rumah semakin tahun akan meningkat. 

  • Bertujuan untuk Komersial 

Tujuan properti selanjutnya adalah untuk pemanfaatan kebutuhan komersial. Saat ini banyak pemilik gedung yang memanfaatkannya sebagai pertokoan atau perkantoran. 

Pemilik properti dengan tujuan ini akan menyewakan propertinya kepada orang lain yang ingin membangun bisnis. Bahkan termasuk juga rumah sakit atau hotel. 

Kebanyakan properti jenis ini berada di area perkotaan yang padat dan tingginya aktivitas masyarakat. 

  • Bertujuan sebagai Bangunan Industrial 

Hampir mirip dengan tujuan sebelumnya namun dalam hal ini pemilik properti akan menggunakan hak kepemilikannya. Misalnya sebuah perusahaan yang ingin membangun pabrik. 

Properti yang dimiliki bisa digunakan sebagai gudang, pabrik, laboratorium dan sejenisnya demi membantu bisnis yang sedang dikembangkan atau dimiliki. 

  • Bertujuan Khusus 

Pemilik properti juga bisa memanfaatkan propertinya untuk tujuan khusus yang rata-rata berhubungan dengan kegiatan sosial. 

Misalnya saja untuk membangun tempat ibadah atau sekolah. Termasuk juga untuk bandara yang biasanya dilakukan oleh pemerintah. 

Apa Sajakah Manfaatnya?

manfaat

Properti adalah tanah atau bangunan yang jika kita lihat dari tujuannya merupakan investasi yang sangat berharga. Oleh karena itulah properti menghadirkan banyak sekali manfaat. 

Berikut ini beberapa manfaat memiliki atau berinvestasi dalam dunia properti. 

  • Bisa Dijadikan Agunan Bank 

Pada saat Anda ingin mendapat pinjaman dari bank, properti menjadi jaminan yang biasanya bisa digunakan. Properti yang merupakan bagian dari harta adalah jaminan paling aman. 

Pihak bank bisa melakukan penilaian terhadap properti yang dimiliki dan menjadi tolak ukur berapa biaya pinjaman yang bisa dicairkan. 

Anda yang ingin membangun bisnis dan membutuhkan modal bisa menggunakan rumah atau properti lainya untuk mengajukan pinjaman ke bank. 

  • Tidak Terpengaruh oleh Inflasi 

Inflasi atau penurunan mata uang kerap menjadi momok yang tidak bisa dihindari. Menyimpan uang di bank saja tidak cukup untuk mengatasi inflasi. 

Oleh karena itu investasi salah satunya properti jadi jalan keluar. Properti tidak terpengaruh dengan inflasi sehingga membuat jauh lebih aman. 

Semakin banyak properti yang Anda miliki maka inflasi tidak akan membahayakan hidup Anda di masa depan. 

  • Memperoleh Penghasilan Tetap 

Properti juga menjadi salah satu jenis investasi yang membuat Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif yang tetap. Apabila Anda menjadikan properti untuk disewakan maka setiap bulannya pasti ada penghasilan yang masuk. 

Apalagi jika lokasi properti Anda sangat strategis untuk berbisnis, sudah pasti harga sewanya juga tinggi. Anda bahkan bisa memutarkan uang untuk membeli properti baru. 

Jenis-Jenis Properti 

jenis jenisnya

Supaya tidak salah kaprah dalam mengartikan properti sebagai rumah, Anda bisa mengenali apa saja jenis-jenis properti yang tersedia. 

Tujuannya untuk mempertimbangkan ketika Anda ingin membeli properti. Manakah properti yang paling menguntungkan bagi Anda. 

  • Tanah 

Jenis properti pertama yang paling banyak diminati adalah tanah. Ada banyak pilihan tanah yang dijual seperti tanah kavling, sawah, hutan, kebun, tambak, tambang, dll. 

Sesuai dengan tipenya, investasi tanah bisa menghasilkan keuntungan yang berbeda-beda. Tanah juga dianggap lebih untung karena Anda tidak perlu berurusan dengan pajak pembangunan. 

Anda bisa menyewakan lahan berupa tanah ini kepada orang lain untuk berbisnis sampai dengan berkebun. 

  • Bangunan Tempat Tinggal 

Salah satu jenis properti adalah tempat tinggal yang bisa berupa rumah, rumah susun atau apartemen. Bentuknya yang bukan hanya tanah ini menjadi pilihan untuk tempat tinggal manusia. 

Anda yang memiliki properti berupa tempat tinggal bisa menyewakannya kepada orang lain yang membutuhkan. Apalagi jika kawasan properti tersebut dekat dengan pusat bisnis. 

Biasanya banyak orang yang membutuhkan rumah tinggal untuk kebutuhan akomodasi di tempat kerja atau kuliah. 

  • Bangunan Tempat Usaha 

Jenis yang satunya ini biasanya memiliki bentuk bangunan yang unik bahkan sampai gedung pencakar langit. Ada beberapa tipe tempat usaha seperti ruko,toko, kios sampai perkantoran. 

Bahkan beberapa jenis pabrik biasanya juga dibangun atas properti milik orang lain. Tidak selamanya bangunan untuk tempat usaha dimiliki oleh pemilik usaha tersebut. 

  • Properti Disewakan 

Rumah kontrakan, hotel, vila adalah jenis properti yang disewakan. Seseorang dengan properti yang disewakan ini memiliki tujuan utama untuk investasi. 

Siapa saja yang membutuhkan tempat tinggal sementara seperti kos atau rumah kontrak bisa menggunakan properti yang disewakan tersebut. 

Anda pun akan terbebas dari biaya perawatan, karena biaya sewa bisa digunakan untuk merawat propertinya. 

  • Bangunan Fasilitas Umum 

Khusus jenis properti ini rata-rata dimiliki oleh pemerintah atau swasta. Properti milik pemerintah seperti taman kota, alun-alun dan juga kantor admin pemerintahan. 

Sedangkan fasilitas umum swasta bisa berupa taman bermain di perumahan, kolam renang perumahan mewah dan sejenisnya. 

Semua properti ini diciptakan agar bisa menunjang kegiatan masyarakat secara gratis. Hampir di setiap daerah memiliki fasilitas umum jenis ini. 

Tips Memulai Investasi Properti 

tips

Tertarik untuk memulai investasi bidang properti? Anda harus tahu bagaimana cara memulai yang tepat. Pasalnya tidak sedikit yang tertipu akibat jual beli properti. 

 Anda yang masuk pemula harus tahu tata cara untuk investasi dengan benar. Jangan sampai tertipu atau membeli properti yang harga jual atau penggunaannya ternyata buruk. 

Perlu diingat meskipun properti tidak terdampak inflasi namun harga jual atau penggunaannya juga tergantung dengan lokasi dan sertifikasi yang sah.

  • Pemilihan Lokasi yang Tepat 

Properti adalah investasi yang menguntungkan selama Anda bisa mendapatkan lokasi yang bagus. Oleh karena itu Anda harus mencari tahu lokasi mana yang tepat. 

Jika properti bentuknya adalah rumah maka lokasi harus strategis seperti dekat dengan alat transportasi, rumah sakit, sekolah dan fasilitas penting lainnya. 

Sedangkan untuk properti jenis yang disewakan maka setidaknya lokasi haruslah dekat dengan pemukiman masyarakat. 

  • Mempersiapkan Dana Investasi 

Lokasi yang bagus akan mempengaruhi harga dari properti oleh karena itu jika ada beberapa properti yang Anda incar sebaiknya siapkan dana dari sekarang. 

Anda harus tahu apa saja biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian properti. Contohnya saja biaya tanda jadi, biaya uang muka, angsuran jika dengan metode cicilan, dll. 

  • Memilih Pengembang yang Terpercaya 

Anda yang berencana membeli properti untuk tempat tinggal khususnya wajib mengetahui mana pengembang yang terpercaya. 

Jangan sampai Anda tertipu oleh pengembang nakal. Saat ini banyak pengembang nakal khusus perumahan yang sudah memakan banyak korban. 

Pemilihan pengembang ini bisa dilihat dari lama waktu berdirinya. Setidaknya pilih pengembang yang sudah berpengalaman minimal 5 tahun terakhir. 

Carilah informasi selengkap-lengkapnya dari berbagai pihak mengenai kinerja pengembang tersebut. 

  • Mengecek Harga Pasar 

Sebagai investor properti Anda juga harus paham akan harga pasar. Peninjauan harga ini juga membutuhkan sumber informasi yang valid. 

Riset sangat penting untuk mengetahui harga pasar baik secara online atau langsung. Anda yang sudah tahu harga pasar ini bisa memilih dengan mudah mana properti yang potensial. 

  • Memastikan Surat-Surat Lengkap dan Legal 

Banyak sekali properti yang memiliki masalah soal sertifikat. Padahal sertifikat atau surat-surat ini hubungannya sangat erat dengan hukum. 

Jangan sampai Anda membeli properti berupa tanah sengketa atau properti yang belum keluar sertifikatnya. Ini akan merugikan dan uang yang sudah digunakan bisa amblas. 

Oleh karena itu riset mendalam mengenai properti yang ingin Anda beli sangat penting. Bukan hanya melihat dari segi lokasi tetapi juga surat-suratnya. 

Tips Pengelolaan Properti dalam Investasi 

Anda sudah memiliki beberapa properti namun jika tidak dikelola dengan baik tentu juga tidak bisa menguntungkan. Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda dalam pengelolaannya. 

  • Mengasuransikan Properti 

Asuransi properti juga sangat penting, bukan hanya untuk tempat tinggal tetapi segala jenis properti yang Anda miliki. 

Anda yang sudah memiliki asuransi memiliki perlindungan atas permasalahan yang mungkin bisa terjadi di masa depan. Baik itu bencana alam atau kelalaian manusia. 

Asuransi bisa meng-cover semua masalah yang terjadi pada properti Anda sehingga meminimalisir kerugian. 

  • Mengenali Masalah Hukum yang Berhubungan dengan Properti 

Kenali apa saja hukum yang kerap digunakan dalam urusan properti. Hukum bisa menjadi keuntungan bagi Anda untuk penyalahgunaan sewa atau jual beli properti. 

Tujuannya agar Anda tidak tertipu oleh agen nakal yang ingin memperjual belikan properti dengan harga mahal padahal kualitasnya buruk. 

  • Rutin Merawat Properti 

Sudahkah Anda melakukan perawatan properti dengan benar? Misalnya saja sebuah gedung perkantoran, karena penggunaan tentu ada beberapa bagian yang perlu perbaikan. 

Menyediakan layanan untuk perbaikan dan mengenali jasa untuk renovasi tentu sangat penting. Termasuk juga untuk memperindah properti Anda supaya menarik perhatian penyewa. 

Anda sebagai pemilik properti yang perhatian dengan gedung atau tanah miliknya akan membuat properti juga memiliki nilai jual yang tinggi. 

Jika saat ini Anda sedang berencana merenovasi atau memperindah properti bisa langsung menghubungi jasainteriorruangan.com.

Baik itu untuk interior rumah, apartemen, toko, perkantoran Anda bisa mengakses jasa interior yang murah dan bergaransi

Informasi lebih lanjut mengenai jasa interior yang murah dan bergaransi bisa langsung diakses melalui nomor WA di atas ini. 

error: Content is protected !!
Call Now ButtonHubungi Kami