jasa pasang plafon

Jasa Pasang Plafon: Material hingga Biaya Pemasangannya

Posted on

Jasa Pasang Plafon – Setiap rumah selalu menggunakan plafon atau yang lebih dikenal dengan istilah langit-langit. Salah satu bagian dari konstruksi rumah ini memiliki banyak sekali fungsi. Pertama adalah untuk mencegah hawa dingin dan panas untuk langsung masuk ke dalam ruangan. Kedua adalah untuk membuat ruangan menjadi lebih indah.

Plafon sering digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan, ditambah lagi dengan banyaknya jenis material yang bisa dipilih. Apabila Anda berencana untuk memasang plafon maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti material apa yang ingin digunakan, akan lebih baik jika Anda mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

Ketahui juga berapa biaya pemasangannya hingga perbaikan, karena bisa saja plafon di rumah masih bagus dan hanya perlu perbaikan sedikit saja. Semua hal ini bisa Anda konsultasikan dengan jasa pasang plafon profesional. Bersama dengan jasa profesional Anda akan lebih mudah memilih material, model hingga perkiraan biaya pemasangan atau perbaikannya.

Kelebihan dan Kekurangan Aneka Material Plafon

pasang plafon

Hal pertama yang harus Anda kenali adalah apa saja material yang biasa digunakan untuk plafon rumah serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan. Pemilihan material plafon ini nantinya bisa disesuaikan dengan model, tempat dimana Anda tinggal serta harganya.

Berikut ini beberapa material untuk plafon yang paling sering digunakan untuk rumah-rumah di Indonesia:

1. Gypsum

Hampir seluruh rumah di Indonesia menggunakan plafon berbahan gypsum. Plafon ini mudah ditemukan dan harganya sangat bervariasi menentukan kualitasnya. Kelebihan dari plafon ini adalah mudah dipasang dengan menggunakan rangka dari kayu atau baja ringan. Hasilnya pun lebih rapi dan lebih banyak model yang bisa dipilih.

Kekurangan dari plafon gypsum adalah tidak tahan terhadap air. Jadi jika terjadi kebocoran pada atap maka plafon akan menyerapnya. Jika terlalu lama dibiarkan akan menimbulkan jamur.

2. PVC

Plafon ini memiliki harga yang cukup murah, bahan yang digunakan untuk membuatnya sama seperti pipa PVC. Kelebihan dari plafon ini adalah tahan terhadap air serta rayap bahkan api. Bobotnya yang ringan membuat PVC lebih mudah untuk dipasang dan tidak membuat atap menjadi berat. Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih sesuai desain ruangan.

Kekurangan dari plafon ini adalah tak dapat dicat ulang, jika warna mulai pudar Anda harus menggantinya dengan yang baru. Selain itu bahan mudah untuk dimakan oleh tikus.

3. Eternit

Material yang digunakan untuk membuat plafon eternit adalah asbestosis yang memberikan kelebihan yaitu tahan terhadap air dan juga api. Bentuknya mirip sekali dengan plafon gypsum tetapi ukurannya lebih kecil. Proses pemasangan relatif mudah dan bisa dibongkar pasang.

Kekurangannya adalah asbestosis bukanlah bahan yang ramah lingkungan sehingga tidak baik untuk kesehatan pemilik rumah. Selain itu, material ini lebih mudah retak atau patah jika salah pemasangannya atau terkena benturan benda keras lainnya.

Baca Juga  5 Tips Memilih Jasa Interior Ruangan Kantor di Jakarta

4. Kayu

Material kayu untuk plafon lebih sering digunakan pada rumah-rumah mewah. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu solid yang sangat keras. Kesan natural yang diberikan plafon ini akan membuat rumah lebih sejuk dan hangat. Kelebihannya adalah tahan lama jika Anda menggunakan kayu solid seperti jati atau merbau. Bentuknya yang sangat artistik serta tak menyusut dalam ukuran besar.

Kekurangannya adalah harganya yang sangat mahal karena menggunakan kayu yang berkualitas tinggi bebas rayap. Selain itu pengerjaanya juga cukup sulit sehingga membutuhkan tukang yang profesional.

5. Triplek

Disamping kayu, ada juga alternatif plafon dari kayu buatan yaitu triplek yang harganya lebih murah. Harga ini tentu sesuai dengan kualitasnya karena plafon triplek tidak tahan air serta harus dicat ulang secara berkala jika warnanya mulai pudar. Sambungan antar lembaran triplek akan terlihat.

Namun kelebihan dari plafon ini adalah sangat mudah pemasangannya sehingga lebih cepat diselesaikan. Triplek seringkali dijadikan plafon untuk rumah tingkat.

6. Akustik

Tak ketinggalan juga di antara plafon lain yang paling mahal dan memiliki kualitas lebih yaitu sebagai peredam suara adalah plafon akustik. Plafon ini memiliki bobot yang lebih ringan dan mudah dikerjakan. Fungsinya sebagai peredam suara membuat plafon ini sering digunakan untuk studio musik rumahan atau perpustakaan pribadi.

Kekurangan yang harus diperhatikan dari plafon ini adalah Anda harus memesannya secara di jasa pasang plafon terlebih dahulu. Ketersediaannya yang terbatas membuat Anda harus menunggu dan plafon ini juga tak tahan terhadap air, sehingga penting sekali untuk memperhatikan perawatannya.

7. Metal

Plafon jenis ini berbentuk metal yang sangat tipis dan telah dicetak dengan banyak motif ukiran. Ada banyak sekali pilihan warna dari plafon jenis ini yang bisa dipilih. Kelebihannya adalah tahan terhadap air serta rayap membuatnya plafon yang tahan lama.

Kekurangannya adalah proses pasang plafon yang tidak mudah, membutuhkan keterampilan khusus. Sama seperti plafon akustik, plafon dari bahan metal ini juga harus dipesan secara khusus. Anda harus menunggu dua hingga tiga bulan sebelum plafon dapat digunakan. Pembeliannya pun harus dalam jumlah banyak.

Perkiraan Biaya Pemasangan Plafon

harga pasang plafon gypsum

Di antara semua material di atas, gypsum selalu menjadi juaranya. Gypsum yang sangat mudah untuk dipasang ini menarik berbagai macam kalangan masyarakat. Ditambah lagi Anda bisa menggunakan plafon gypsum dalam berbagai model. Jika bosan atau mulai muncul jamur akibat bocor, Anda bisa mengecatnya ulang.

Ketahanan dari plafon gypsum bisa puluhan tahun lamanya. ditambah lagi bahan yang digunakan untuk membuatnya lebih aman daripada eternit. Jika Anda ingin memasang plafon gypsum, berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Baca Juga  5 Alasan Memilih Jasa Interior Jakarta, Salah Satunya Hemat Uang

Beberapa jasa pasang plafon yang terbaik akan menawarkan kisaran biaya sesuai dengan ukuran ruangan. Biaya yang diperkirakan sudah sekaligus dengan rangka dan terpasang rapi. Mulai dari 150 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah. Jumlah ini akan menyesuaikan juga dengan kualitas gypsum yang digunakan.

Jika Anda ingin mengetahui rincian harga pasang plafon gypsum lebih lanjut bisa klik pada banner di bawah ini. Semua perkiraan harga ini masih dapat berubah, jadi akan lebih baik jika Anda segera menghubungi nomor WA yang tercantum di atas ini untuk mendapatkan daftar harga terbaru.

Tempatnya Jasa Pasang Plafon Profesional Terbaik

jasa pasang plafon gypsum terbaik

Saatnya untuk memilih jasa yang bisa memasang plafon gypsum secara profesional. Anda bisa mempercayakan jasa pasang plafon di jasainteriorruangan.com ini. Kami menyediakan berbagai material plafon bukan hanya gypsum dengan harga yang murah sesuai dengan kantong.

Anda bisa menentukan sendiri model plafon yang ingin dibuat dan tinggal tunggu hasilnya. Jika bingung, kamu bisa memberikan banyak pilihan desain plafon sesuai dengan desain rumah yang Anda miliki. Pastinya rumah akan menjadi nyaman dengan plafon yang rapi ditambah dengan desain menarik.

Tak perlu ragu untuk memilih jasa pasang plafon yang berkualitas, karena di jasainteriorruangan.com Anda akan mendapatkan pelayanan hingga garansi terbaik dan untuk informasi harga dan pemasangan maka bisa klik link baner WA diatas ini.