biaya renovasi rumah

Berapa Estimasi Biaya Renovasi Rumah? Ini Cara Menghitungnya

Posted on

Biaya Renovasi Rumah – Ada beberapa alasan kenapa anda harus melakukan renovasi dan juga pembaruan rumah.

Dimana beberapa orang biasanya melakukan renovasi rumah untuk semakin menyempurnakan kondisi dan desain bangunan dari rumah tersebut.

Namun apakah anda tahu bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah? dan berapa kira-kira estimasi biaya untuk melakukan renovasi rumah di tahun ini?

Biasanya orang melakukan renovasi rumah karena memiliki tambahan anggota keluarga baru atau karena anak yang sudah mulai beranjak usia remaja.

Kebutuhan baru misalnya seperti membutuhkan ruang kerja sampai beberapa kerusakan yang terjadi di bangunan karena usia menjadi faktor lainnya yang mendorong setiap orang untuk melakukan perbaikan hingga renovasi rumah.

Nah untuk anda yang memiliki rencana untuk melakukan renovasi rumah, tentu saja anda harus mengetahui bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah yang harus dipersiapkan.

Tenang saja, untuk anda yang tidak mengetahui bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah, silahkan anda simak artikel ini sampai selesai.

Cara Menghitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah 2021

Cara Menghitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah 2021

Apakah anda sedang memiliki rencana untuk melakukan renovasi rumah? Jika memang iya, sebaiknya anda harus mempersiapkan dulu biaya renovasi rumah dan juga mengetahui bagaimana tata cara menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah.

Karena memang pada dasarnya biaya renovasi rumah tidak seringan seperti yang anda lihat.

Sebab renovasi rumah juga membutuhkan budget yang sangat besar mengingat harga material yang semakin tinggi dan juga harga tukang yang semakin mahal.

Terlebih lagi jika anda juga menggunakan jasa desain rumah seperti arsitek, tentu saja terdapat biaya tambahan lainnya yang harus anda persiapkan untuk biaya renovasi rumah.

Persiapkan Dulu dan tentukan Skala Prioritas Rumah

Langkah pertama untuk anda yang ingin menghitung berapa estimasi biaya perbaikan rumah, tentu saja anda harus menentukan dulu skala prioritas perbaikan rumah terlebih dahulu. Lebih baik untuk langkah ini anda harus mengikuti kata hati sendiri, karena jika mengikuti saran dari orang lain tentu saja tidak akan pernah ada habisnya.

Yang ada jika anda terus mengikuti saran dari orang lain, tentu saja hanya malah akan menambah biaya renovasi rumah saja.

Oleh sebab itu, anda bisa menentukan terlebih dahulu skala prioritas ingin melakukan renovasi rumah bagian apanya.

Misalnya saja anda hanya memiliki tujuan untuk melakukan renovasi terhadap kamar tidur atau kamar mandi, atau reparasi atap yang rusak.

Fokuskan pada perbaikan hal tersebut, baru jika ternyata ada uang yang sisa anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan renovasi rumah bagian yang lain.


Menghitung Biaya Tukang

Setelah anda sudah menentukan skala prioritas yang jelas, anda dapat mulai menghitung biaya tukang untuk melakukan renovasi rumah.

Biaya untuk membayar tukang tentu saja harus anda pikirkan secara matang, sebab bisa memakan biaya yang cukup signifikan.

Ada dua metode untuk membayar jasa tukang yang bisa anda gunakan, yang pertama adalah dengan sistem harian atau dengan sistem borongan jasa.

Untuk anda yang menggunakan tukang dengan sistem pembayaran harian, tentu saja anda harus membayar gaji tukang seberapa lama atau berapa hari mereka bekerja untuk anda.

Atau untuk anda yang ingin menggunakan sistem tukang borongan jasa, maka biasanya bayaran yang dikeluarkan tetap.

Proses pengerjaannya juga tidak mempengaruhi gaji atau biaya yang harus anda bayarkan. Sebab anda hanya perlu membayarkan uang senilai dengan kesepakatan di awal.

Biasanya untuk biaya renovasi rumah dengan menggunakan sistem tukang borongan jasa, estimasi biaya tergantung dari besaran atau luas dari ruangan yang ingin di renovasi.

Baca Juga  5 Alasan Memilih Jasa Interior Jakarta, Salah Satunya Hemat Uang

Menggunakan Jasa Borongan Penuh Jauh Lebih Praktis

Pilihan yang jauh lebih praktis sebenarnya adalah dengan menggunakan sistem borongan penuh, dimana nantinya harga yang akan anda bayarkan sudah termasuk biaya tukang dan juga biaya material.

Tentu saja paket yang lengkap dan praktis ini nantinya akan dibanderol dengan harga yang juga tinggi. Namun jika memang anda tidak memiliki waktu untuk mengurus material guna melakukan renovasi rumah atau untuk membayar biaya yang lebih, ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Namun anda harus memastikan bahwa penyedia jasa yang anda pilih terpercaya dan juga menawarkan paket sekaligus dengan material yang disediakan.

Dengan begitu tentu saja anda tidak perlu memikirkan lagi biaya tambahan untuk menyiapkan material tambahan.

Sementara untuk harga estimasi biaya tukang sistem borongan penuh.

Untuk biaya harga tukang dengan sistem borongan penuh, anda harus membayarkan Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.000.000 per meter persegi.

Pemilihan Material Untuk Renovasi Rumah

Tentu saja anda harus mengerti jika bangunan rumah memiliki sifat yang berjangka panjang. Oleh sebab itu tentu saja anda harus menggunakan material yang berkualitas dalam pemilihan material untuk renovasi rumah.

Nah saat anda membuat anggaran untuk biaya renovasi rumah, anda harus menentukannya terlebih dahulu terkait penggunaan bahan material yang berkualitas.

Walaupun tentu harga bahan material yang berkualitas dibanderol dengan harga yang sedikit mahal, yang terpenting adalah ketahanan rumah akan lebih terjamin

Misalnya saja untuk biaya perbaikan rumah dengan menggunakan bahan material premium membutuhkan biaya hingga Rp. 4.000.000 per meter persegi.

Walaupun demikian, tentu saja sangat penting untuk meminimalisir pengeluaran biaya dari renovasi rumah dengan menggunakan bahan material bekas seperti penggunaan kayu, genteng dan daun pintu jika masih dalam keadaan yang baik.

Cermat Dalam Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Ketika anda menghitung biaya renovasi rumah, tentu saja anda harus teliti dalam menyusun rumah misalnya dengan menyusun semua komponen pekerjaan, mulai dari tahap awal seperti penentuan material sampai dengan tahapan untuk melakukan finishing.

Dalam melakukan semua hal tersebut anda bisa berdiskusi dengan tukang atau kontraktor yang terpercaya dan sudah anda pilih sebelumnya.

Dimana dengan menyusun dan menentukan biaya renovasi rumah anda jadi lebih bisa memprioritaskan material utama yang harus dibeli.

Setelah anda menentukan berapa biaya renovasi rumah yang dibutuhkan, pastikan juga untuk anda selalu fokus dalam mengikuti rencana prioritas yang sudah anda tentukan sebelumnya. Untuk masalah kebutuhan sekunder misalnya seperti dekorasi tentu saja bisa menyusul.

Nah itulah bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah dengan mudah di tahun 2021 ini.

Untuk anda yang ingin melakukan renovasi rumah di tahun 2021, perhitungan biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 4.000.000 untuk setiap 1 meter perseginya.

Silahkan anda kalikan dengan berapa besaran ruangan yang ingin anda renovasi. Ingat anda harus tetap terfokus pada perencanaan skala prioritas yang sudah anda tentukan sebelumnya agar perkiraan estimasi biaya renovasi rumah yang anda keluarkan tidak membengkak.

Nah itulah bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah di tahun 2021 ini, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda yang berencana ingin melakukan renovasi rumah di tahun 2021.

Dan apabila Anda ingin membuat rumah tapi belum menemukan jasa yang tepat maka Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu Kami di Jasainteriorruangan.com