biaya bangun rumah

Membangun rumah seringkali dijadikan patokan atau sebuah tujuan yang bisa dikatakan sebagai ‘self reward’ dari kerja keras yang telah dikerjakan setiap individunya. 

Dalam mewujudkan sebuah impian, kamu membutuhkan langkah atau tahapan yang harus diketahui sehingga tujuan yang kamu impikan akan terasa dekat dan jelas. 

Tidak terkecuali untuk membangun rumah, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah estimasi harga dan biaya yang harus dikeluarkan. 

Dikarenakan sudah banyak agen yang menyewakan dan memberikan tawaran menarik, membangun rumah bukan lagi hal yang sulit untuk diwujudkan. 

Mulai dari ukuran, desain hingga interior rumah dapat memiliki estimasi harga yang berbeda. 

Namun dalam artikel kali ini akan membahas estimasi harga membangun rumah yang memiliki tipe tingkat 2. 

Apa saja tahapan dalam membuat estimasi membangun rumah? Berikut ini adalah caranya. 

Tahapan Mengetahui Estimasi Biaya Membangun Rumah

Tahapan Mengetahui Estimasi

Ini merupakan hanya estimasi harga dari rata-rata biaya bangun rumah 2 lantai dan harga tersebut seketika dapat berubah naik hingga turun. 

Semuanya tergantung dari luas rumah dan nilai jual tanah yang memiliki patokan harga yang beragam. 

  • Tentukan Luas Rumah 

Ketahui seluas apa rumah hunian yang akan kamu bangun. Dikhususkan untuk rumah bertingkat 2 kamu harus mengukur seberapa luas untuk lantai dasar kemudian diikuti dengan luas lantai kedua. 

Hal yang mudah untuk kamu menghitungnya adalah dengan cara menentukan ruangan apa saja yang akan dibangun untuk lantai dasar dan kedua. 

Contohnya;

Lantai 1  memiliki ruangan tamu, makan, kamar tidur tamu, kamar mandi, dan taman. 

Lantai 2 memiliki 3 kamar tidur, ruangan bersantai, teras, hingga ke ruangan bekerja. 

Tentunya ruangan tersebut bukanlah template yang harus ada untuk  setiap rumah, dapat disesuaikan dengan kebutuhan hingga setiap ruangan memiliki fungsi yang maksimal. 

Untuk ukuran luasnya sendiri dapat diperkirakan dengan 2 kali lipat dari lantai dasar.

Misalnya luas lantai 1 adalah 72 meter  persegi, maka jika ingin membangun rumah bertingkat 2 harus memiliki luas sebesar 114 meter persegi. 

Namun untuk ukuran tanah yang dibutuhkan dari rumah tersebut adalah 72 meter persegi. Karena 72 meter persegi lainnya akan dibangun pada atap lantai dasar. 

Dari sini kamu sudah bisa mulai menghitung luas tanah dengan harga per meter. 

  • Rincian Material 

rinciaan
Setelah mengetahui luas rumah yang kamu inginkan, cobalah untuk mengenal lebih tentang bahan material berkualitas. 

Sehingga pada saat pembangunan kamu dapat menjaga kekokohan dari rumah dan tentunya akan bertahan lama. 

Sedangkan untuk rincian setiap bangunan yang akan dibangunkan kamu dapat menyerahkannya kepada jasa pembangunan rumah tingkat tersebut. 

Hanya dengan kamu mengetahui detail dari bahan material yang memiliki kualitas tinggi hingga ke rendah. Ini akan menjadi bekal untuk menyesuaikan budget pembangunan. 

Biasa jasa pembangunan rumah bertingkat ini memiliki paket tersendiri untuk perihal bahan material, sehingga kamu dapat mempercayakan detail bahan material. 

  • Harga Meter Persegi 

Harga meter persegi ini dapat meliputi harga tanah atau jika kamu menyewakan jasa pembangunan rumah singkat maka akan dikenai biaya sesuai dengan luas yang akan dibangunkan. 

Untuk kisaran biaya bangun rumah per meter  perseginya adalah 3-5 juta. Namun ini tergantung dengan lokasi , lingkungan hingga kualitas tanah. Semakin bagus 3 hal tersebut maka harga akan semakin naik. 

Jika kamu ingin membangun rumah bertingkat 2 dengan luas 114 meter persegi maka biaya yang harus dikeluarkan adalah  342 – 570 juta rupiah. 

  • Tenaga Kerja 

Untuk pembangunan kamu memerlukan tenaga kerja profesional dan tentunya ahli dalam bidangnya. Tapi jika kamu menyewakan jasa pembangunan rumah tidak perlu pusing untuk menghitung budget tenaga kerja. 

Biaya untuk tenaga kerja yang biasa disewakan adalah berkisar 600.000-800.000 rupiah. Sebelum memulai pekerjaan kamu dapat melakukan perjanjian berapa lama proyek pembangunan rumah akan dikerjakan. 

Pastikan perjanjian tersebut disetujui oleh kedua belah pihak. 

  • Dana Darurat 

Dana ini bertujuan untuk mengantisipasi kebutuhan yang tidak diinginkan. Kamu dapat menyisihkan dana darurat sebesar 20-45 persen dari total biaya pembangunan rumah. 

Walaupun kamu sudah yakin dengan modal awal pembangunan rumah, tidak ada salahnya untuk menyimpan dana cadangan. 

Tahapan diatas adalah estimasi biaya rumah 2 lantai persegi dan cara paling simple yang dapat kamu ikuti adalah dengan menyewakan jasa pembangunan rumah dan jasa interior murah di Arskal Interior

Dengan menyewakan jasa pembangunan rumah tingkat juga akan menghindari kamu dari harga yang berlebihan atau over budget, semuanya akan ditangani oleh jasa pembangunan rumah bertingkat. 

Jasa pembangunan rumah tingkat memiliki paket yang dapat kamu pilih untuk membangun rumah dan ketahui lebih dalam tentang paket tersebut sehingga kontrak kerja sama yang kalian jalani terlihat lebih transparan. 

Tidak jarang juga dari paket yang mereka tawarkan sudah termasuk konsultasi sehingga rumah yang akan dibangun memiliki kualitas mulai dari konstruksi bangunan hingga ke interior dalam rumah. 

Dengan begini kamu tidak perlu repot untuk menghitung semua estimasi harga yang akan dikeluarkan secara terpisah.

Yang lebih membahagiakan lagi adalah rumah impian kamu akan dengan sangat mudah diraih. 

error: Content is protected !!
Scroll to Top Call Now ButtonHubungi Kami